Efek-efek
ekonomis koperasi
Hubungan koperasi
yang terjadi dalam pelaksanaan operasionalnya adalah dengan anggota yang
memiliki kedudukan sebagai pemilik sekaligus pengguna jasa koperasi.
Anggota yang
berkedudukan sebagai pemilik akan memberikan dana dengan harapan akan mendapat
keuntungan,sedangkan anggota yang berkedudukan sebagai pengguna jasa akan
menggunakan jasa koperasi dengan harapan kebutuhannya tersedia di koperasi dan
akan memperoleh keuntungan dibandingkan jika memperoleh kebutuhan dari pihak
lain.
Kesimpulannya
masyarakat akan berpartisipasi dalam kegiatan koperasi jika:
·
Kegiatan yang dilakukan koperasi sesuai dengan kebutuhan masyarakat
·
Pelayanan yang diberikan oleh koperasi lebih menguntungkan dibandingkan
pelayanan dari pihak di luar koperasi
Efek Harga dan Efek Biaya
Partisipasi anggota menentukan keberhasilan
koperasi.Partisipasi anggota dipengaruhi oleh besarnya nilai manfaat pelayanan
koperasi secara utilitarian maupun normatif.
Faktor Utilitarian adalah koperasi memberikan pelayanan
berupa barang dan jasa yang efisien yaitu dengan memberikan pengurangan biaya
dan memperoleh keuntungan dari SHU baik dengan tunai maupun dalam bentuk barang
maka setiap harga yang ditetapkan koperasi harus di bedakan antara harga untuk
anggota dengan harga untuk non anggota.
Analisis Hubungan
Efek Ekonomis dan Keberhasilan koperasi
Keberhasilan koperasi tidak hanya dinilai dari laba yang
didapatkan tetapi juga dari pelayanan koperasi. fungsi laba bagi koperasi
tergantung pada besar kecilnya partisipasi ataupun transaksi anggota dengan
koperasinya. Semakin tinggi partisipasi anggota, maka idealnya semakin tinggi
manfaat yang di terima oleh anggota.
Penyajian
dan Analisis Neraca Pelayanan
Di sebabkan oleh perubahan kebutuhan dari para anggota dan
perubahan lingkungan koperasi.
Dua faktor yang mendorong koperasi untuk meningkatkan
pelayanan terhadap anggotanya yaitu:
1. Adanya persaingan dari
organisasi lain (non koperasi)
2. Perubahan kebutuhan
masyarakat akibat perubahan jaman
Jika koperasi dapat memberikan pelayanan lebih baik kepada
anggotanya dibandingkan organisasi lain (pesaing) maka partisipasi anggota
terhadap koperasi akan meningkat.Untuk meningkatkan pelayanan koperasi harus
mencari informasi-informasi dari para anggota koperasi mengenai apa yang dibutuhkan
oleh anggota saat ini dan pelayanan yang seperti apa yang ingin mereka dapatkan
dari koperasi.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar