Pengertian manajemen
Manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian
· manajemen
sebagai suatu proses
· manajemen
sebagai suatu kolektivitas manusia
· manajemen
sebagai ilmu dan seni
Manajemen sebagai suatu proses adalah melihat bagaimana
seseorang mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Manajemen sebagai kolektivitas yaitu kumpulan dari
orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.kolektivitas
inilah yang disebut sebagai manajemen.
Manajemen sebagai ilmu dan seni yaitu melihat bagaimana
aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen.
Perangkat Organisasi Koperasi adalah rapat
anggota,pengurus,pengelola dan pengawas
· Rapat
anggota
Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam
koperasi.
Rapat Anggota Koperasi dilaksanakan untuk menetapkan :
·
Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan
Perubahan Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga;
·
kebijaksanaan umum di bidang org4nisasi,
manajemen dan usaha koperasi;
·
pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian
Pengurus dan Pengawas;
·
rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan
belanja koperasi, serta pengesahan laporan keuangan;
·
pengesahan pertanggungjawaban Pengurus dalam
pelaksanaan tugasnya dan pelaksanaan tugas Pengawas-bila koperasi mengangkat
Pengawas tetap;
·
pembagian sisa hasil usaha;
·
penggabungan, peleburan, pembagian dan
pembubaran koperasi.
·
Rapat Anggota Koperasi terdiri dari :
·
Rapat Anggota Tahunan (RAT);
·
Rapat Anggota Rencana Kerja dan Rencana Anggaran
Pendapatan dan Belanja (RARK dan RAPB);
·
Rapat Anggota Khusus (RA Khusus);
·
Rapat Anggota Luar Biasa (RALB).
Rapat Anggota dapat dipimpin langsung oleh Pengurus Koperasi
dan atau oleh Pimpinan Sidang dan Sekretaris Sidang yang dipilih dalam Rapat
Anggota tersebut.
· Pengurus
Pengurus Koperasi dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat
Anggota. Jumlah Pengurus terdiri dari sedikit-dikitnya 3 (tiga) orang dan
sebanyak-banyaknya sesuai Keputusan Rapat Anggota.
Pengurus terdiri dari sekurang-kurangnya :
v
seorang ketua;
v
seorang sekretaris;
v
seorang bendahara.
v
Tugas
v
Mengelola koperasi dan usahanya
v
Mengajukan rancangan Rencana kerja, budget dan
belanja koperasi
v
Menyelenggaran Rapat Anggota
v
Mengajukan laporan keuangan & pertanggung
jawaban
v
Maintenance daftar anggota dan pengurus
o Wewenang
v
Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan
v
Meningkatkan peran koperasi
· Pengawas
o Pengawas dipilih dari dan oleh anggota
dalam Rapat Anggota.
o Yang dapat dipilih menjadi Pengawas
adalah anggota yang memenuhi syarat sebagai berikut :
v
mempunyai pengetahuan tentang perkoperasian
pengawasan dan akuntansi, jujur dan berdedikasiterhadap Koperasi.
v
memiliki kemampuan keterampilan kerja dan
wawasan di bidang pengawasan.
v
sudah menjadi anggota sekurang-kurangnya 3
(tiga) tahun, kecuali pada saat pendirian koperasi.
o Pengawas dipilih untuk masa jabatan 4 (tiga)
tahun.
o Pengawas terdiri terdiri dari sedikit-dikitnya
3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya sesuai Keputusan Rapat Anggota.
o Hak dan kewajiban Pengawas adalah :
v
Melakukan pengawasan terhadap
pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi.
v
Meneliti catatan dan pembukuan yang
ada pada koperasi.
v
Mendapatkan segala keterangan yang
diperlukan.
v
Memberikan koreksi, saran teguran
dan peringatan kepada Pengurus.
v
Merahasiakan hasil pengawasannya
terhadap pihak ketiga
v
Membuat laporan tertulis tentang
hasil pelaksanaan tugas pengawasan kepada Rapat Anggota.
· Manajer
seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan
mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.
o Keterampilan manajer
·
Keterampilan konseptual adalah keterampilan
untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi.
·
Keterampilan berhubungan dengan orang lain
adalahKomunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap
bawahan yang dipimpinnya
·
Keterampilan teknis adalah Keterampilan
teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu,
misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, dan lain-lain.
·
Keterampilan manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
·
Keterampilan membuat keputusan
Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.
Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.
Pendekatan Sistem pada Koperasi
Menurut Draheim koperasi mempunyai sifat ganda yaitu:
· organisasi
dari orang-orang dengan unsur eksternal ekonomi dan sifat-sifat social
(pendekatan sosiologi).
· perusahaan
biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar
(pendekatan neo klasik)
Interprestasi dari Koperasi sebagai Sistem
Kompleksitas dari perusahaan koperasi adalah suatu sistem
yang terdiri dari orang-orang dan alat-alat teknik. Sistem ini dinamakan
sebagai Socio technological system yang selanjutnya terjadi hubungan dengan
lingkungan sehingga dapat dianggap sebagai sistem terbuka, sistem ini ditujukan
pada target dan dihadapkan dengan kelangkaan sumber-sumber yang digunakan.
Cooperative Combine
· Sistem
sosio teknis pada substansinya, sistem terbuka pada lingkungannya, sistem dasar
target pada tugasnya dan sistem ekonomi pada penggunaan sumber-sumber. Semua
pelaksanaan dalam keseluruhan kompleks dan pengaruh eksternal, dipengaruhi oleh
hubungan sistem, demikian juga dilihat dari sudut pandang ekonomi, tidak cukup
hanya melaksanakan koperasi secara ekonomis saja, tetapi juga berhubungan
dengan hubungan antar manusia dalam kelompok koperasi dan antara anggota tetapi
juga berhubungan dengan hubungan antar manusia dalam kelompok koperasi dan
antara anggota dengan manajemen perusahaan koperasi dalam lapangan lain. Contoh
Cooperative Interprise Combine: Koperasi penyediaan alat pertanian, serba
usaha, kerajinan, dan industri. Tugas usaha pada Sistem Komunikasi (BCS).
· The
Businnes function Communication System (BCS) sistem hubungan antara
unit-unit usaha anggota dengan koperasi yang berhubungan dengan pelaksanaan
dari perusahaan koperasi untuk unit usaha anggotaa mengenai beberapa tugas
perusahaan. Sistem Komunikasi antar anggota
· Interpersonal
Communication System (ICS) adalah hubungan antara orang-orang yang
berperan aktif dalam unit usaha anggota dengan koperasi yang berjalan. ICS
meliputi pembentukan/terjadi system target dalam koperasi gabungan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar