Minggu, 11 November 2012

POLA MANAJEMEN KOPERASI


Pengertian manajemen

Manajemen dapat dilihat dari tiga pengertian
·         manajemen sebagai suatu proses
·         manajemen sebagai suatu kolektivitas manusia
·         manajemen sebagai ilmu dan seni

Manajemen sebagai suatu proses adalah melihat bagaimana seseorang mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan terlebih dahulu.
Manajemen sebagai kolektivitas yaitu kumpulan dari orang-orang yang bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan bersama.kolektivitas inilah yang disebut sebagai manajemen.
Manajemen sebagai ilmu dan seni yaitu melihat bagaimana aktivitas manajemen dihubungkan dengan prinsip-prinsip dari manajemen.
Perangkat Organisasi Koperasi adalah rapat anggota,pengurus,pengelola dan pengawas
·         Rapat anggota
Rapat Anggota merupakan pemegang kekuasaan tertinggi dalam koperasi.
Rapat Anggota Koperasi dilaksanakan untuk menetapkan :
·         Anggaran Dasar, Anggaran Rumah Tangga dan Perubahan Anggaran Dasar atau Anggaran Rumah Tangga;
·         kebijaksanaan umum di bidang org4nisasi, manajemen dan usaha koperasi;
·         pemilihan, pengangkatan dan pemberhentian Pengurus dan Pengawas;
·         rencana kerja, rencana anggaran pendapatan dan belanja koperasi, serta pengesahan laporan keuangan;
·         pengesahan pertanggungjawaban Pengurus dalam pelaksanaan tugasnya dan pelaksanaan tugas Pengawas-bila koperasi mengangkat Pengawas tetap;
·         pembagian sisa hasil usaha;
·         penggabungan, peleburan, pembagian dan pembubaran koperasi.
·         Rapat Anggota Koperasi terdiri dari :
·         Rapat Anggota Tahunan (RAT);
·         Rapat Anggota Rencana Kerja dan Rencana Anggaran Pendapatan dan Belanja (RARK dan RAPB);
·         Rapat Anggota Khusus (RA Khusus);
·         Rapat Anggota Luar Biasa (RALB). 
Rapat Anggota dapat dipimpin langsung oleh Pengurus Koperasi dan atau oleh Pimpinan Sidang dan Sekretaris Sidang yang dipilih dalam Rapat Anggota tersebut.
·         Pengurus
Pengurus Koperasi dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat Anggota. Jumlah Pengurus terdiri dari sedikit-dikitnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya sesuai Keputusan Rapat Anggota.
Pengurus terdiri dari sekurang-kurangnya :
v  seorang ketua;
v  seorang sekretaris;
v  seorang bendahara.
v  Tugas
v  Mengelola koperasi dan usahanya
v  Mengajukan rancangan Rencana kerja, budget dan belanja koperasi
v  Menyelenggaran Rapat Anggota
v  Mengajukan laporan keuangan & pertanggung jawaban
v  Maintenance daftar anggota dan pengurus
o   Wewenang
v  Mewakili koperasi di dalam & luar pengadilan
v  Meningkatkan peran koperasi

·         Pengawas
o   Pengawas dipilih dari dan oleh anggota dalam Rapat Anggota.
o   Yang dapat dipilih menjadi Pengawas adalah anggota yang memenuhi syarat sebagai berikut :
v  mempunyai pengetahuan tentang perkoperasian pengawasan dan akuntansi, jujur dan berdedikasiterhadap Koperasi.
v  memiliki kemampuan keterampilan kerja dan wawasan di bidang pengawasan.
v  sudah menjadi anggota sekurang-kurangnya 3 (tiga) tahun, kecuali pada saat pendirian koperasi.
o  Pengawas dipilih untuk masa jabatan 4 (tiga) tahun.
o  Pengawas terdiri terdiri dari sedikit-dikitnya 3 (tiga) orang dan sebanyak-banyaknya sesuai Keputusan Rapat Anggota.
o  Hak dan kewajiban Pengawas adalah :
v    Melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan kebijaksanaan dan pengelolaan koperasi.
v    Meneliti catatan dan pembukuan yang ada pada koperasi.
v    Mendapatkan segala keterangan yang diperlukan.
v    Memberikan koreksi, saran teguran dan peringatan kepada Pengurus.
v    Merahasiakan hasil pengawasannya terhadap pihak ketiga
v    Membuat laporan tertulis tentang hasil pelaksanaan tugas pengawasan kepada Rapat Anggota.

·         Manajer
seseorang yang bekerja melalui orang lain dengan mengoordinasikan kegiatan-kegiatan mereka guna mencapai sasaran organisasi.
o  Keterampilan  manajer
·          Keterampilan konseptual adalah keterampilan untuk membuat konsep, ide, dan gagasan demi kemajuan organisasi.
·          Keterampilan berhubungan dengan orang lain adalahKomunikasi yang persuasif harus selalu diciptakan oleh manajer terhadap bawahan yang dipimpinnya
·         Keterampilan teknis adalah Keterampilan teknis ini merupakan kemampuan untuk menjalankan suatu pekerjaan tertentu, misalnya menggunakan program komputer, memperbaiki mesin, dan lain-lain.
·         Keterampilan manajemen waktu
Merupakan keterampilan yang merujuk pada kemampuan seorang manajer untuk menggunakan waktu yang dimilikinya secara bijaksana.
·         Keterampilan membuat keputusan
Merupakan kemampuan untuk mendefinisikan masalah dan menentukan cara terbaik dalam memecahkannya.

Pendekatan Sistem pada Koperasi
Menurut Draheim koperasi mempunyai sifat ganda yaitu:
·         organisasi dari orang-orang dengan unsur eksternal ekonomi dan sifat-sifat social (pendekatan sosiologi).
·          perusahaan biasa yang harus dikelola sebagai layaknya perusahaan biasa dalam ekonomi pasar (pendekatan neo klasik)


Interprestasi dari Koperasi sebagai Sistem
Kompleksitas dari perusahaan koperasi adalah suatu sistem yang terdiri dari orang-orang dan alat-alat teknik. Sistem ini dinamakan sebagai Socio technological system yang selanjutnya terjadi hubungan dengan lingkungan sehingga dapat dianggap sebagai sistem terbuka, sistem ini ditujukan pada target dan dihadapkan dengan kelangkaan sumber-sumber yang digunakan.
 Cooperative Combine
·         Sistem sosio teknis pada substansinya, sistem terbuka pada lingkungannya, sistem dasar target pada tugasnya dan sistem ekonomi pada penggunaan sumber-sumber. Semua pelaksanaan dalam keseluruhan kompleks dan pengaruh eksternal, dipengaruhi oleh hubungan sistem, demikian juga dilihat dari sudut pandang ekonomi, tidak cukup hanya melaksanakan koperasi secara ekonomis saja, tetapi juga berhubungan dengan hubungan antar manusia dalam kelompok koperasi dan antara anggota tetapi juga berhubungan dengan hubungan antar manusia dalam kelompok koperasi dan antara anggota dengan manajemen perusahaan koperasi dalam lapangan lain. Contoh Cooperative Interprise Combine: Koperasi penyediaan alat pertanian, serba usaha, kerajinan, dan industri. Tugas usaha pada Sistem Komunikasi (BCS).
·         The Businnes function Communication System (BCS) sistem hubungan antara unit-unit usaha anggota dengan koperasi yang berhubungan dengan pelaksanaan dari perusahaan koperasi untuk unit usaha anggotaa mengenai beberapa tugas perusahaan. Sistem Komunikasi antar anggota
·         Interpersonal Communication System (ICS) adalah hubungan antara orang-orang yang berperan aktif dalam unit usaha anggota dengan koperasi yang berjalan. ICS meliputi pembentukan/terjadi system target dalam koperasi gabungan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar